Program Studi Psikologi
PROGRAM SARJANA (S1) PSIKOLOGI
Akreditasi: Baik
Gelar Lulusan: S.Psi.
KONSENTRASI
- Psikologi Pendidikan
- Psikologi Industri
DESKRIPSI
Progam Studi Psikologi di Universitas Sains Indonesia dirancang untuk mendukung perkembangan dunia usaha dan industry dari sisi perilaku karyawan dan konsumen untuk dapat dikenali, dikelola dan diarahkan untuk kemajuan organisasi bisnis. Jurusan Psikologi adalah salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia. Manusia yang dimaksud di sini tak sebatas pada perilakunya saja, melainkan mempelajari jiwa yang mempengaruhi tindakan tersebut. Artinya, mahasiswa akan belajar tentang "manusia" sebagai individu, dengan memperhatikan setiap latar belakang yang mengikutinya. Seperti yang kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk yang unik, bahkan ketika diberi stimulus yang sama pun responnya bisa berbeda tergantung pada pengetahuan, pengalaman, perasaan, harapan, dan banyak faktor penentu lainnya.
PROFIL LULUSAN
Lulusan dari Program Studi Psikologi Universitas Sains Indonesia dirancang dapat menjadi tenaga professional yang unggul dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penelitian terkait perilaku konsumen dalam dunia usaha dan bisnis. Beberapa jenis pekerjaan yang menjadi fokus tujuan pembelajaran Program Studi Psikologi Universitas Sains Indonesia adalah:
- HR Specialis (Recruitment and Training Development)
- Marketing Research Specialist
KOMPETENSI UMUM
Pribadi yang bertaqwa kepada Tuhan YME menjungjung tinggi nilai-nilai kejujuran, disiplin dalam berkehidupan, menghargai nilai-nilai kemanusiaan/humanis serta prinsip-prinsip kerukukan dan keadilan yang secara umum tercermin dalam Filsafah Bangsa – Pancasila. (a. Personality: jujur, disiplin, tanggung jawab, b. Creative, c. Persistent). Profesional Global dengan Integrasi Disiplin Ilmu yang dipelajari: Berjiwa nasionalis dengan wawasan Global untuk selalu mengembangkan dirinya dengan pemahaman keilmuan yang konphrehensif untuk senantiasa dapat bekerja sesuai dengan tuntutan kemajuan jaman dan teknologi. Memahami budaya Bangsa Lain dengan tetap mempertahankan budaya dan kearifan local bangsa Indonesi agar menjadi Professional yang bisa bekerjasama di berbagi lingkungan kerja yang memiliki keragaman Bahasa dan budaya dengan saling menghargai dan bertoleransi. (a. Diversity. b. Working Attitude. c. Global Competencies: Languages English & Mandarin, Sertification).
KOMPETENSI KHUSUS
- Melakukan analisa hasil test psikologi dan melakukan profiling calon karyawan degan memahami kesesuain kepribadian calon karyawan dengan budaya Perusahaan dan tugas pekerjaannya.
- Melakukan analisa kebutuhan pengembangan diri karyawan dengan memahami sikap, minat dan motivasi karyawan
- Melakukan pembinaan/coaching dan pelatihan karyawan
- Melakukan rancangan dan pelaksanaan Research Marketing utamanya terkait perilaku pelanggang terhadap produk/jasa dari Perusahaan dan produk/jasa dari pesaing di pasar.
- Merancang materi komunikasi produk/jasa secara efektif, dapat diterima oleh target pelanggan dan memberikan dampak positif terhadap produk/jasa yang dipasarkan.
PENGUASAAN PENGETAHUAN
- Menguasai pengetahuan dasar psikologi dalam upaya memahami tingkah laku manusia menurut kaidah kaidah psikologi.
- Menguasai prinsip dasar intervensi dan metode asesmen psikologi
- Mampu melakukan penelitian, kajian dan publikasi ilmiah dalam bidang psikologi sesuai dengan kode etik psikologi yang berlaku khususnya pada psikologi keluarga, dan utamanya untuk mendukung program peningkatan produktivitas dan pemasaran.
- Memiliki kepekaan terhadap nilai-nilai Pancasila dan berpartisipasi aktif dalam penyelesaian permasalahan di keluarga, komunitas, dan masyarakat
- Kompetitif secara global dengan karakter unggul
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu melakukan Komunikasi yang efektif dengan atasan, teman sejawat, bawahan dan parter antar perusahaan untuk mendapatkan informasi yang relevan dan sebagai dasar pengambilan keputusan terkait dengan masalah SDM.
- Mampu melakukan Kepemimpinan dalam organisasi baik untuk efektifitas pekerjaan sendiri, maupun pekerjaan team sehingga memudahkan pengendalian dan pelaksanaan pekerjaan berdasarkan kerangka waktu kerja yang ada.
- Mampu melakukan negosiasi dengan para pihak baik di dalam organisasi maupun diluar organisasi untuk kepentingan organisasi dan didasarkan perilaku moral yang etis.
- Mampu melakukan Analisis secara teliti dan kritis terhadap permasalahan SDM dan perilaku konsumen dengan kerangka pikir yang logis dan ilmiah melalui pembahasan masalah, kajian teoritis, analisis dan pendapat para ahli.
- Mampu menguasai Bahasa Asing, minimal Bahasa Inggris untuk kemudahan komunikasi dengan mitra global dan pemahanan yang benar dan subtansial terhadap masalah hukum bisnis antar negara.
KETERAMPILAN KHUSUS
- Memahami kaitan antara perasaan, pikiran, kepribadian dan perilaku seseorang
- Mampu melakukan penilaian pada orang lain (assesment)
- Mampu menggunakan instrumen pemeriksaan psikologi untuk memudahkan dalam memahami kepribadian, minat dan motivasi seseorang
- Menguasai pengetahuan dasar psikologi dalam upaya memahami tingkah laku manusia menurut kaidah kaidah psikologi.
- Menguasai prinsip dan metode asesmen dan penelitian berbasis perilaku manusia dalam kehidupan dan kontek tertentu.
PELUANG KERJA
- HR Officer (recruitment, development)
- Guru BK (Bimbingan dan Konseling) – konselor
- Marketing Research Specialist (consumer behavior)
- Brand Executive (Marketing Executive)
- Training Officer (Trainer)
- Profiler (analisa hasil test psikologi)
- Customer Relation Specialist
- Motivator
- Terapis anak berkebutuhan khusus
- Dan lain-lain